1. Deal Maker adlh pekerjaan mnyenangkan bg mreka yg terampil mengolahnya. Ttp mjd momok bg mreka yg enggan belajar #DM
2. Perwujudan Deal Maker ini beragam. Mulai dr sales yg ada d lap, smp mreka yg bdasi pun wajib mnyandang ilmu yg sama #DM
3.Namun agar tdk bias, sy akan perkecil lingkup teknisnya dlm area penjualan ya. Profesi lainnya, Qt discuss next time #DM
4. Mengapa yg dibahas kok selling? Sdr atw tdk kegiatan Qt shari2 sbetulnya mrupakan proses selling. Ada penawaran, penolakan, & closing #DM
5. Jd mahir dlm teknik Dealing, sbetulnya akan mempermudah Anda dlm khidupan shari hari. Jd tetap simak ya #DM Silakan RT bila bmanfaat.
6. Kembali ke topik Sales. Bnyk org underestimate dg profesi ini. Bahkan tak jarang, rata2 jd sales itu krn terpaksa. Hayoo ngakuu.. He3 #DM
7. Bg Anda yg pny tim sales, mngapa mreka tdk produktif, ada 3 alasan yg mdasarinya. #DM
8. Alasan ptm adlh, "Tdk ada 1 org pun di dunia ni yg BERCITA-CITA mjd sorang sales." Artinya bth pnerimaan yg utuh bg mreka mjalaninya #DM
9. Alasan yg k2. "Mereka bgerak (mjual) dg KEMAMPUAN ALAMINYA. Yg tdk ahli, akan mundur dg sendirinya. Krn mrk bjualan dg asal" #DM
10. Alasan yg trakhir adlh,"Anda sbg pmilik bisnis, TDK MENYEDIAKAN ALASAN yg CUKUP KUAT agar mereka mau FIGHT & BERTAHAN di bisnis Anda"#DM
11. Itulah mngapa dlm perusahaan posisi sales TURN OVERnya paling tinggi. Bg pbisnis yg tdk peka, biasanya tgl tunggu waktu tutupnya aja #DM
12. Ohya, Mohon dibedakan ya mana selling mana marketing. Krn seringkali Qt salah kaprah dlm menyebutnya. Sdh tahu bedanya? #DM
13. Agar mudah, sy ilustrasikan marketing sbg cara Anda memasak u/ anak Anda yg sulit makan. Bs dikukus, goreng, rebus, ksh warna-warni #DM
14. Nah, selling itu cara Anda mendeliverkan hasil masak Anda itu td. Anda sdh masak dg benar, hasilnya enak, tp klo cr nyuapinnya .. #DM
15. .. tp cr nyuapinnya smbil marah2, atw piringnya Anda banting. "Nih.. Ibu sdh masak, awas ya klo ndak dimakan!!" Ya mana mau lah #DM
16. Kr2 sdh pny gambaran ya tweeps. Itulah mngapa sales itu dianggap ujung tombak. Wlau sy jg ndak tw kualitas tombak Anda sperti apa =) #DM
17. Kdg ada jg yg sering guyon, "Lho mas, aQ bkn ujung tombak, malah jd Ujung Tombok (x_x) hehehe" #DM
18. Nah, u/ lebih praktisnya. Qt lgsg lanjut ke dalam hal teknisnya ya. Pokoknya Anda pny ide, barang, atw apapun yg ingin Anda .. #DM
19. Pokoknya Anda pny ide, barang, atw apapun yg ingin Anda PINDAH TANGAN kan kpd org lain. Qt mulai ya step 1 #DM
20. Step 1, meminjam istilah Pak @erbesentanu, ubahlah dulu hard sale mjd HEART SALE #DM
21. Sblm mjual, Anda wajib mengondisikan dulu suasana hati Anda. Jgn sampai Anda bekrja dg suasana hati yg kacau #DM
22. Dlm kajian science, emosi Anda mpengaruhi org radius 1,5M d skitar Anda. Dlm training sy Anda bs praktik. Tp krn jauh, Anda bs cb.. #DM
23. .. Anda bs praktikkan dg mcr org yg biasa dkt dg Anda. Ambil posisi Anda menghadap punggungnya. Printahkan tmn Anda u/ rileks #DM
24. Katakan pdanya, u/ merilekskan tbuh. Tugas Anda mcoba u/ mgerakkan tubuhnya, tp ucapkn dlm hati. #DM
25. Katakan kpd tmn d dpn Anda, biarkan u/ mngikuti kmana gerak bebas yg akan terjadi. Tdk smp 3mnt Anda akn lht hslnya #DM
26. Itu td adlah praktik bhw emosi Anda pun mpengaruhi RESPON org dsekitar Anda.. O/ krn itu kondisikan tlebih dahulu.
27. Stelah bs mngendalikan emosi Anda, baru Qt jalankan step ke 2 (yg pny mslh dg emosinya, Qt lanjut d sesi dpn ya) #DM
28. Step2. Dalam menjual, srg kali bnyk org yg tdk bs mbedakan. MANA AKTIVITAS MENJUAL, mana yg sekedar menyampaikan informasi #DM
29. Dalam menjual, ada sbuah proses men-DIRECT (mngarahkan) lwan bicara, smentara memberi informasi hny bercerita ttg produk #DM
30. Maka tweeps jgn gengsi klo dbilang jualan. Alih2 krn gengsi, ptemuan Anda cm bbuah cerita. Ingat tgs Anda jualan, bkn informan #DM
31. Dlm proses menjual ada 3 tahapan yg biasanya dilakukan o/ professional. Building Trust, Building Need, Closing #DM
31. Building Trust dilakukan krn biasanya Anda bertemu dg org baru. Bentuk dr bulding trust ini pun beragam slh satunya dg ice breking #DM
32. Teknik ice breaking yg biasanya sy ajarkan dkenal dg teknik FOUR. Family, Occupation, Utility, Relation #DM
33. Bentuknya ice breaking ini adlh pertanyaan. Tp jgn smp salah tanya ya. Misal mw tanya "Anaknya brp pak?" Kliru jd "Istrinya brp pak?"#DM
34. Tp ada jg tmn sy yg rada mbanyol (tp untung momennya pas) dy bilang, "Ndak mau ke singapur pak?" - "ngapain kesana?" Jawab prospek #DM
35. Spontan tmn sy blg, "Yaaa, sp tw mw bkin surat nikah versi singapur" hehehe.. Alhamdulillah closing jualan reksadana #DM
36. Di level ini, sy harapkan tmn2 sdh mulai punya SCRIPT ktika nnt hrs mhadapi prospek. #DM
37. Mengapa Anda srg gagal dlm mjual adlh krn Anda tdk membangun sbuah habbit/pola menjual yg benar. Cenderung berubah-ubah.. Tdk standar#DM
38. Dg sering brubah2 pola penwaran bgitu, otak Anda mngalami ksulitan mrekam polanya. Jd buatlah standar ya #DM
39. Pola ini tersusun dr kata perkenalan, spt: "Selamat Pagi Pak, Sy Alfian, senior sales dr PT xxx, bs sy meminta waktunya sbentar" #DM
40. Ketika diijinkan masuk, sambung dg kalimat, "Maaf dg bpk siapa?.." Bsru kmudian msk di sesi ice breaking (building trust) #DM
41. Building Need. Ini tahapan yg seringkali terlewat o/ stiap sales. Rata2 smw main asal tembak aja. Yg penting konsumen beli..!! #DM
42. Biar enak ngapalinnya, sy beri pointnya sja ya. Jd konsep NLPnya bgini. Anda memakai "kode alami" lawan bicara Anda. Mksdnya bgmn? #DM
43. Stp manusia menerima informsi bgitu bnyaknya stp hari. Tp yg mjd ptanyaan. Sbrp bnyk yg dproses? #DM
44. Smisal Anda sdg jln bareng pasangan, tb2 didatangi sales. Ngmong panjang lebar, ujung2nya pasangan Anda tanya, ngomong apa sih td?#DM
45. Sy yakin jawaban Anda, "Ga TAHUU.. :p Nih, baca aja brosurnya" Hayoo, ngakuuu.. Bgitu ndak. Hehehe #DM
46. Hal serupa pun akan Anda alami jk Anda tdk mperbaiki hal teknisnya. Maka jgn ulangi kesalahan mereka yaa #DM
47. U/ dpt mngendapkan informasi Anda, maka gunakanlah fungsi indra yg plg sering dipergunakan prospek Anda. Caranya bgmn? #DM
48. Cranya adlh dg lbh bnyk mendengar. Tgs Anda adlh mnyeleksi stp kata kerja yg diucapkan prospek Anda. #DM
49. Misal : Menurut bapak, rumah yg bagus atw ideal u/ keluarga bpk itu yg bgmn ya? #DM
50. "Hmm, sy suka rumah itu LUAS. Tp harganya murah" Jk jwbannya spt ini, terus kejar hgg dpt yg spesifik. "LUAS sperti apa pak?" #DM
51. "Yaa, yg LUAS. Jd halamannya biar bs dpakai u/ MAIN BADMINTO" Nah, ini sinyal jk prospek Anda tipikal kinestetik #DM
52. Atau jwbn lain, "Yaa, LUAS biar sy bs nanam bunga banyak. Jd rumah sy TERLIHAT INDAH" klo bgini, brarti dy tipikal visual #DM
53. Yg perlu Anda lakukan adlh menggunakan kata kunci tersebut sbg BAHASA PROSPEK ANDA.. #DM
54. U/ visual: Cb DILIHAT Pak, rumahnya bgs, nanti bpk bs pajang FOTO KELUARGA di sini. Dan kalau bpk sk bkebun, tamannya bs DIPERINDAH #DM
55. Smoga bs nangkep ya tweeps. Maaf, krn cm 140 karakter =) harap maklum ya.. Hehehe. Semangat!! #DM
56. Tahap akhir adlh CLOSE The Sales. Ini jg yg wajib jd "menu" prospekan Anda =) Sdhkh Anda mngarahkn konsumen Anda? #DM
57. Teknik closing jg bertingkat adanya. Urutannya adlh Komparasi-Negosiasi-Referensi #DM
58. Komparasi adlh menawarkan 2 opsi skaligus kpd prospek. Negosiasi adlh pnambahan manfaat dr pnwaran. Refrensi adlh gali dftr nama #DM
59. Yup, tweeps itu td adalah materi akhr dr Deal Maker. Mmg aga tkendala ya klo sharing di socmed. (Sy sdri jg krg puas nih, =( ) #DM