TEPOK 5 #part 2 by JayaYEA

Mrs. Bright 10:57:00 PM
Tepok 5 #part 2 by JayaYEA via twitter @JayaYEA


Brosis, lanjut #Tepok5 no. 43 ya... cekidot -->

43.MEMANCING/MENJARING? Bgmn sih penerapan hukum pareto 20-80, dg usaha 20, mendptkan hasil 80? #Tepok5

44.Seblmnya cb analisis lg strategi penjualan yg Anda lakukan saat ini. #Tepok5

45.Byk bk di pasaran yg mengajarkan teknik2 closing, prospecting, dealing with objection and rejection. #Tepok5

46.Bukannya menyalahkan, itu semua adlh taktik dlm selling skill. #Tepok5

47.Tp kt jarang memperhatikan proses sblm taktik dibuat, yaitu strategi! #Tepok5

48.Cth simple-nya / sederhananya, jk Anda sbg pemasar kartu kredit, brp target closing Anda per bulan? #Tepok5

49.300 pelanggan br misalnya. Dr 300 pelanggan tsbt, brp jmlh prospek Anda??? #Tepok5

50.Ktkanlah 1000 org, dg asumsi 30% closing. Anggap Anda bekrj 25 hr, brp prospek yg hrs Anda temui? 1000/25 = 40 org. #Tepok5

51.Nah, bayangkan Anda hrs pergi utk menjumpai 40 org dlm 1 hr, gmn caranya? #Tepok5

52.Mungkin Anda hrs memohon pd Tuhan, utk memberikan wkt 40 jam sehari, br msk akal, betulkah? #Tepok5

53.Dlm perjalanan pulang sy,sekembali memberikan sesi mentoring EU Mataram, pswt kami transit di bandara Soe-Hatta, Jkt. #Tepok5

54.Krn jeda wkt yg ckp lama, sy bersantai ria di slh satu executive lounge bandara. #Tepok5

55.Ketika sedang duduk sambil menyeruput teh, seorg gadis menghampiri sy dan menawarkan aplikasi kartu kredit. #Tepok5

56.Meski akhirnya transaksi batal krn slh1 syaratnya hrs py KTP Jkt,sy tergoda utk tanya bbrapa hal seputar strategi dia memasarkan. #Tepok5

57.Anda mungkin tak percaya, bahwa rata2 transaksi yg dia ciptakan perbulannya adlh 300 transaksi! #Tepok5

59.Mayoritas org yg dtg ke Executive Lounge tsbt, setidaknya memiliki kartu kredit gold. #Tepok5

60.Nah, pemilik kartu kredit gold sendiri, lazimnya memenuhi suatu kualifikasi yg ckp tinggi. #Tepok5

58.Usut py usut, ternyata dia (tentunya perush. penyedia kartu kredit) py strategi yg jitu utk menjaring customer. #Tepok5

61.Jd, tdk byk persyaratan/proses yg lama utk aplikasi kartu kredit yg lain. #Tepok5

62.Intinya, strategi pemasaran provider kartu kredit tsbt terbilang smart. Analoginya spt ’menjala di komunitas kakap’. #Tepok5

63.Tdk hy di pemasaran kartu kredit, tp pemasaran yg lainpun bs menggunakan strategi serupa. #Tepok5

64.Cth lain, jk Anda ingin memasarkan seminar & pelatihan,masuklah ke komunitas/asosiasi penggemar seminar & pelatihan. #Tepok5

65.Jk Anda pemasar alat2 kedokteran, bergabunglah ke persatuan dokter/farmasi. #Tepok5

66.Bgmn kalau tak ada asosiasinya Pak? Ya dibuat sj, betul/betul? Namun demikian, jgn disalah-gunakan, #Tepok5

67.membuat/bergabung ke organisasi utk kepentingan kt, itu nmnya oportunis. #Tepok5

68.Setidaknya, beri manfaat org lain dlm organisasi & rejeki itu akan melimpah ke kt. #Tepok5

69.Di jaman yg sangat kompetitif spt skrg ini, ngeyel (baca:konsisten) sj tdk cukup, ttpi dibutuhkan strategi yg jitu, #Tepok5

70.menggunakan daya ungkit di sekitar kt, utk mempercpt kemajuan bisnis kt. Ngeyel dg strategi! #Tepok5

71."Cari Jalannya. Jika buntu, ciptakan jalan baru!" #Tepok5

72.NUMPANG BEKEN, Membuka suatu usaha, apalg yg membthkan investasi yg lumayan, memang hrs dg perhitungan. #Tepok5

73.Slh satu yg ditakuti adlh, saat kt membuka usaha itu, ternyata pasarnya kurang ramai. #Tepok5

75.Ujung2nya, kalau warung kt tdk ramai, disangkut-sangkutkan dg hal2 yg berbau klenik, curiga ada yg ’ngerjain’ kt. #Tepok5

76.Ini berdasarkan pengalaman pribadi sy lho, saat membuka warung makan di thn 2002. #Tepok5

77.Stlh mempelajari teknik2 pemasaran kreatif, sy br ngeh, bahwa sy byk melakukan kesalahan, terutama hal pemilihan tmpt. #Tepok5

78.Kala itu sy berpikir, krn di sampingnya ada kursus komputer, jd bk warung makan pasti ramai. #Tepok5

79.Namun, sy keliru. Pangsa pasar kursus komputer itu (menengah ke bawah) tdk sama dg pangsa pasar warung makan sy, #Tepok5

80.yg menjual ikan bakar. Memang keslhan sy terbsr saat itu, sy hy menggunakan ’feeling’ utk menentukan lokasi usaha. #Tepok5

81.Repotnya, feeling sy blm terkalibrasi dg tpt, byk melesetnya. #Tepok5

82.Sedangkan utk melakukan studi kelayakan dr konsultan, pastilah memakan biaya yg tdk sedikit. #Tepok5

83.Numpang Survei, Mentor sy Purdi E. Chandra, menggunakan cara2 ’otak kanan’ saat membuka cabang2 Primagama di tmpt yg baru. #Tepok5

84.Patokannya adlh, ”Apkh ada BCA/Matahari di kota itu?”Jk ada,mk dia akan buka cabang Primagama di kota itu. Knp? #Tepok5

85.Krn BCA/Matahari pasti sdh melakukan survey kelayakan ush lebih dl, sblm membuka. #Tepok5

86.Nah, mungkin kebetulan jg,pasarnya serupa dg Primagama.Teknik ’numpang survei’ ini, jgn dipakai utk semua jenis usaha. #Tepok5

87.Misalnya, jika usaha Anda berjualan ’es doger’, apakah Anda hanya akan membuka outlet es doger di samping Matahari saja? #Tepok5

88.Nah, kt bs menggunakan pendekatan yg lain. Ttp dg 7juan yg sm melakukan smart survey, #Tepok5

89.kt bs melihat usaha yg ramai, yg memiliki pangsa pasar yg sm. Misal, di suatu tmpt terdpt lembaga bimbel yg sangat ramai. #Tepok5

90.Pelanggan mrk adlh pelajar usia 8 sampai 17 thn. Nah, dr situ bs ’menumpang beken’ membuka outlet es doger kt. #Tepok5

92.Jd langkah pertama, ketahui siapa target pasar Anda. #Tepok5

93.Kedua, cari usaha yg memiliki target pasar yg sama, yg sdh kelihatan hasilnya (laris). #Tepok5

94.Ketiga, buka di sampingnya. Ingat, cara ini tdk sama dg sekedar mensurvei dmn tmpt ’calon pelanggan’ hang around. #Tepok5

95.Namun lbh dr itu, hrslah sdh terbukti bahwa ada usaha dg segmen yg sama dan BERHASIL! #Tepok5

96.”Jika ingin wangi, dekat-dekatlah penjual parfum” #Tepok5

Brosis, Bab V masih bbrp chapter lagi, senin lanjut lagi ya...

Artikel Lainnya

Artikel Terkait

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Featured Post

Solusi Kaya by Andre Raditya

Solusi Kaya via Twitter @andre_raditya Perhatikan ya tweeps.. Ini bener2 solusi. Saya bertanggung jawab nih,. Krn udah ngomporin temen2 s...