Brosis, lanjut #Tepok5 no. 43 ya... cekidot -->
43.MEMANCING/MENJARING? Bgmn sih penerapan hukum pareto 20-80, dg usaha 20, mendptkan hasil 80? #Tepok5
44.Seblmnya cb analisis lg strategi penjualan yg Anda lakukan saat ini. #Tepok5
45.Byk bk di pasaran yg mengajarkan teknik2 closing, prospecting, dealing with objection and rejection. #Tepok5
46.Bukannya menyalahkan, itu semua adlh taktik dlm selling skill. #Tepok5
47.Tp kt jarang memperhatikan proses sblm taktik dibuat, yaitu strategi! #Tepok5
48.Cth simple-nya / sederhananya, jk Anda sbg pemasar kartu kredit, brp target closing Anda per bulan? #Tepok5
49.300 pelanggan br misalnya. Dr 300 pelanggan tsbt, brp jmlh prospek Anda??? #Tepok5
50.Ktkanlah 1000 org, dg asumsi 30% closing. Anggap Anda bekrj 25 hr, brp prospek yg hrs Anda temui? 1000/25 = 40 org. #Tepok5
51.Nah, bayangkan Anda hrs pergi utk menjumpai 40 org dlm 1 hr, gmn caranya? #Tepok5
52.Mungkin Anda hrs memohon pd Tuhan, utk memberikan wkt 40 jam sehari, br msk akal, betulkah? #Tepok5
53.Dlm perjalanan pulang sy,sekembali memberikan sesi mentoring EU Mataram, pswt kami transit di bandara Soe-Hatta, Jkt. #Tepok5
54.Krn jeda wkt yg ckp lama, sy bersantai ria di slh satu executive lounge bandara. #Tepok5
55.Ketika sedang duduk sambil menyeruput teh, seorg gadis menghampiri sy dan menawarkan aplikasi kartu kredit. #Tepok5
56.Meski akhirnya transaksi batal krn slh1 syaratnya hrs py KTP Jkt,sy tergoda utk tanya bbrapa hal seputar strategi dia memasarkan. #Tepok5
57.Anda mungkin tak percaya, bahwa rata2 transaksi yg dia ciptakan perbulannya adlh 300 transaksi! #Tepok5
59.Mayoritas org yg dtg ke Executive Lounge tsbt, setidaknya memiliki kartu kredit gold. #Tepok5
60.Nah, pemilik kartu kredit gold sendiri, lazimnya memenuhi suatu kualifikasi yg ckp tinggi. #Tepok5
58.Usut py usut, ternyata dia (tentunya perush. penyedia kartu kredit) py strategi yg jitu utk menjaring customer. #Tepok5
61.Jd, tdk byk persyaratan/proses yg lama utk aplikasi kartu kredit yg lain. #Tepok5
62.Intinya, strategi pemasaran provider kartu kredit tsbt terbilang smart. Analoginya spt ’menjala di komunitas kakap’. #Tepok5
63.Tdk hy di pemasaran kartu kredit, tp pemasaran yg lainpun bs menggunakan strategi serupa. #Tepok5
64.Cth lain, jk Anda ingin memasarkan seminar & pelatihan,masuklah ke komunitas/asosiasi penggemar seminar & pelatihan. #Tepok5
65.Jk Anda pemasar alat2 kedokteran, bergabunglah ke persatuan dokter/farmasi. #Tepok5
66.Bgmn kalau tak ada asosiasinya Pak? Ya dibuat sj, betul/betul? Namun demikian, jgn disalah-gunakan, #Tepok5
67.membuat/bergabung ke organisasi utk kepentingan kt, itu nmnya oportunis. #Tepok5
68.Setidaknya, beri manfaat org lain dlm organisasi & rejeki itu akan melimpah ke kt. #Tepok5
69.Di jaman yg sangat kompetitif spt skrg ini, ngeyel (baca:konsisten) sj tdk cukup, ttpi dibutuhkan strategi yg jitu, #Tepok5
70.menggunakan daya ungkit di sekitar kt, utk mempercpt kemajuan bisnis kt. Ngeyel dg strategi! #Tepok5
71."Cari Jalannya. Jika buntu, ciptakan jalan baru!" #Tepok5
72.NUMPANG BEKEN, Membuka suatu usaha, apalg yg membthkan investasi yg lumayan, memang hrs dg perhitungan. #Tepok5
73.Slh satu yg ditakuti adlh, saat kt membuka usaha itu, ternyata pasarnya kurang ramai. #Tepok5
75.Ujung2nya, kalau warung kt tdk ramai, disangkut-sangkutkan dg hal2 yg berbau klenik, curiga ada yg ’ngerjain’ kt. #Tepok5
76.Ini berdasarkan pengalaman pribadi sy lho, saat membuka warung makan di thn 2002. #Tepok5
77.Stlh mempelajari teknik2 pemasaran kreatif, sy br ngeh, bahwa sy byk melakukan kesalahan, terutama hal pemilihan tmpt. #Tepok5
78.Kala itu sy berpikir, krn di sampingnya ada kursus komputer, jd bk warung makan pasti ramai. #Tepok5
79.Namun, sy keliru. Pangsa pasar kursus komputer itu (menengah ke bawah) tdk sama dg pangsa pasar warung makan sy, #Tepok5
80.yg menjual ikan bakar. Memang keslhan sy terbsr saat itu, sy hy menggunakan ’feeling’ utk menentukan lokasi usaha. #Tepok5
81.Repotnya, feeling sy blm terkalibrasi dg tpt, byk melesetnya. #Tepok5
82.Sedangkan utk melakukan studi kelayakan dr konsultan, pastilah memakan biaya yg tdk sedikit. #Tepok5
83.Numpang Survei, Mentor sy Purdi E. Chandra, menggunakan cara2 ’otak kanan’ saat membuka cabang2 Primagama di tmpt yg baru. #Tepok5
84.Patokannya adlh, ”Apkh ada BCA/Matahari di kota itu?”Jk ada,mk dia akan buka cabang Primagama di kota itu. Knp? #Tepok5
85.Krn BCA/Matahari pasti sdh melakukan survey kelayakan ush lebih dl, sblm membuka. #Tepok5
86.Nah, mungkin kebetulan jg,pasarnya serupa dg Primagama.Teknik ’numpang survei’ ini, jgn dipakai utk semua jenis usaha. #Tepok5
87.Misalnya, jika usaha Anda berjualan ’es doger’, apakah Anda hanya akan membuka outlet es doger di samping Matahari saja? #Tepok5
88.Nah, kt bs menggunakan pendekatan yg lain. Ttp dg 7juan yg sm melakukan smart survey, #Tepok5
89.kt bs melihat usaha yg ramai, yg memiliki pangsa pasar yg sm. Misal, di suatu tmpt terdpt lembaga bimbel yg sangat ramai. #Tepok5
90.Pelanggan mrk adlh pelajar usia 8 sampai 17 thn. Nah, dr situ bs ’menumpang beken’ membuka outlet es doger kt. #Tepok5
92.Jd langkah pertama, ketahui siapa target pasar Anda. #Tepok5
93.Kedua, cari usaha yg memiliki target pasar yg sama, yg sdh kelihatan hasilnya (laris). #Tepok5
94.Ketiga, buka di sampingnya. Ingat, cara ini tdk sama dg sekedar mensurvei dmn tmpt ’calon pelanggan’ hang around. #Tepok5
95.Namun lbh dr itu, hrslah sdh terbukti bahwa ada usaha dg segmen yg sama dan BERHASIL! #Tepok5
96.”Jika ingin wangi, dekat-dekatlah penjual parfum” #Tepok5
Brosis, Bab V masih bbrp chapter lagi, senin lanjut lagi ya...