TEPOK 5 #part 2 by JayaYEA

Mrs. Bright 10:57:00 PM
Tepok 5 #part 2 by JayaYEA via twitter @JayaYEA


Brosis, lanjut #Tepok5 no. 43 ya... cekidot -->

43.MEMANCING/MENJARING? Bgmn sih penerapan hukum pareto 20-80, dg usaha 20, mendptkan hasil 80? #Tepok5

44.Seblmnya cb analisis lg strategi penjualan yg Anda lakukan saat ini. #Tepok5

45.Byk bk di pasaran yg mengajarkan teknik2 closing, prospecting, dealing with objection and rejection. #Tepok5

46.Bukannya menyalahkan, itu semua adlh taktik dlm selling skill. #Tepok5

47.Tp kt jarang memperhatikan proses sblm taktik dibuat, yaitu strategi! #Tepok5

48.Cth simple-nya / sederhananya, jk Anda sbg pemasar kartu kredit, brp target closing Anda per bulan? #Tepok5

49.300 pelanggan br misalnya. Dr 300 pelanggan tsbt, brp jmlh prospek Anda??? #Tepok5

50.Ktkanlah 1000 org, dg asumsi 30% closing. Anggap Anda bekrj 25 hr, brp prospek yg hrs Anda temui? 1000/25 = 40 org. #Tepok5

51.Nah, bayangkan Anda hrs pergi utk menjumpai 40 org dlm 1 hr, gmn caranya? #Tepok5

52.Mungkin Anda hrs memohon pd Tuhan, utk memberikan wkt 40 jam sehari, br msk akal, betulkah? #Tepok5

53.Dlm perjalanan pulang sy,sekembali memberikan sesi mentoring EU Mataram, pswt kami transit di bandara Soe-Hatta, Jkt. #Tepok5

54.Krn jeda wkt yg ckp lama, sy bersantai ria di slh satu executive lounge bandara. #Tepok5

55.Ketika sedang duduk sambil menyeruput teh, seorg gadis menghampiri sy dan menawarkan aplikasi kartu kredit. #Tepok5

56.Meski akhirnya transaksi batal krn slh1 syaratnya hrs py KTP Jkt,sy tergoda utk tanya bbrapa hal seputar strategi dia memasarkan. #Tepok5

57.Anda mungkin tak percaya, bahwa rata2 transaksi yg dia ciptakan perbulannya adlh 300 transaksi! #Tepok5

59.Mayoritas org yg dtg ke Executive Lounge tsbt, setidaknya memiliki kartu kredit gold. #Tepok5

60.Nah, pemilik kartu kredit gold sendiri, lazimnya memenuhi suatu kualifikasi yg ckp tinggi. #Tepok5

58.Usut py usut, ternyata dia (tentunya perush. penyedia kartu kredit) py strategi yg jitu utk menjaring customer. #Tepok5

61.Jd, tdk byk persyaratan/proses yg lama utk aplikasi kartu kredit yg lain. #Tepok5

62.Intinya, strategi pemasaran provider kartu kredit tsbt terbilang smart. Analoginya spt ’menjala di komunitas kakap’. #Tepok5

63.Tdk hy di pemasaran kartu kredit, tp pemasaran yg lainpun bs menggunakan strategi serupa. #Tepok5

64.Cth lain, jk Anda ingin memasarkan seminar & pelatihan,masuklah ke komunitas/asosiasi penggemar seminar & pelatihan. #Tepok5

65.Jk Anda pemasar alat2 kedokteran, bergabunglah ke persatuan dokter/farmasi. #Tepok5

66.Bgmn kalau tak ada asosiasinya Pak? Ya dibuat sj, betul/betul? Namun demikian, jgn disalah-gunakan, #Tepok5

67.membuat/bergabung ke organisasi utk kepentingan kt, itu nmnya oportunis. #Tepok5

68.Setidaknya, beri manfaat org lain dlm organisasi & rejeki itu akan melimpah ke kt. #Tepok5

69.Di jaman yg sangat kompetitif spt skrg ini, ngeyel (baca:konsisten) sj tdk cukup, ttpi dibutuhkan strategi yg jitu, #Tepok5

70.menggunakan daya ungkit di sekitar kt, utk mempercpt kemajuan bisnis kt. Ngeyel dg strategi! #Tepok5

71."Cari Jalannya. Jika buntu, ciptakan jalan baru!" #Tepok5

72.NUMPANG BEKEN, Membuka suatu usaha, apalg yg membthkan investasi yg lumayan, memang hrs dg perhitungan. #Tepok5

73.Slh satu yg ditakuti adlh, saat kt membuka usaha itu, ternyata pasarnya kurang ramai. #Tepok5

75.Ujung2nya, kalau warung kt tdk ramai, disangkut-sangkutkan dg hal2 yg berbau klenik, curiga ada yg ’ngerjain’ kt. #Tepok5

76.Ini berdasarkan pengalaman pribadi sy lho, saat membuka warung makan di thn 2002. #Tepok5

77.Stlh mempelajari teknik2 pemasaran kreatif, sy br ngeh, bahwa sy byk melakukan kesalahan, terutama hal pemilihan tmpt. #Tepok5

78.Kala itu sy berpikir, krn di sampingnya ada kursus komputer, jd bk warung makan pasti ramai. #Tepok5

79.Namun, sy keliru. Pangsa pasar kursus komputer itu (menengah ke bawah) tdk sama dg pangsa pasar warung makan sy, #Tepok5

80.yg menjual ikan bakar. Memang keslhan sy terbsr saat itu, sy hy menggunakan ’feeling’ utk menentukan lokasi usaha. #Tepok5

81.Repotnya, feeling sy blm terkalibrasi dg tpt, byk melesetnya. #Tepok5

82.Sedangkan utk melakukan studi kelayakan dr konsultan, pastilah memakan biaya yg tdk sedikit. #Tepok5

83.Numpang Survei, Mentor sy Purdi E. Chandra, menggunakan cara2 ’otak kanan’ saat membuka cabang2 Primagama di tmpt yg baru. #Tepok5

84.Patokannya adlh, ”Apkh ada BCA/Matahari di kota itu?”Jk ada,mk dia akan buka cabang Primagama di kota itu. Knp? #Tepok5

85.Krn BCA/Matahari pasti sdh melakukan survey kelayakan ush lebih dl, sblm membuka. #Tepok5

86.Nah, mungkin kebetulan jg,pasarnya serupa dg Primagama.Teknik ’numpang survei’ ini, jgn dipakai utk semua jenis usaha. #Tepok5

87.Misalnya, jika usaha Anda berjualan ’es doger’, apakah Anda hanya akan membuka outlet es doger di samping Matahari saja? #Tepok5

88.Nah, kt bs menggunakan pendekatan yg lain. Ttp dg 7juan yg sm melakukan smart survey, #Tepok5

89.kt bs melihat usaha yg ramai, yg memiliki pangsa pasar yg sm. Misal, di suatu tmpt terdpt lembaga bimbel yg sangat ramai. #Tepok5

90.Pelanggan mrk adlh pelajar usia 8 sampai 17 thn. Nah, dr situ bs ’menumpang beken’ membuka outlet es doger kt. #Tepok5

92.Jd langkah pertama, ketahui siapa target pasar Anda. #Tepok5

93.Kedua, cari usaha yg memiliki target pasar yg sama, yg sdh kelihatan hasilnya (laris). #Tepok5

94.Ketiga, buka di sampingnya. Ingat, cara ini tdk sama dg sekedar mensurvei dmn tmpt ’calon pelanggan’ hang around. #Tepok5

95.Namun lbh dr itu, hrslah sdh terbukti bahwa ada usaha dg segmen yg sama dan BERHASIL! #Tepok5

96.”Jika ingin wangi, dekat-dekatlah penjual parfum” #Tepok5

Brosis, Bab V masih bbrp chapter lagi, senin lanjut lagi ya...

Artikel Lainnya

Previous
Next Post »
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

No comments

Featured Post

Solusi Kaya by Andre Raditya

Solusi Kaya via Twitter @andre_raditya Perhatikan ya tweeps.. Ini bener2 solusi. Saya bertanggung jawab nih,. Krn udah ngomporin temen2 s...